17 Januari 2020

Kolesterolmu Tinggi? Turunkan Dengan 5 Ramuan Tumbuhan Alami ini!


Kolesterolmu Tinggi? Turunkan Dengan 5 Ramuan Tumbuhan Alami ini!

Semua orang pasti akan was-was jika mendengar kolesterolnya sedang tinggi. Kolesterol menjadi momok yang menakutkan di masyarakat. Semua orang percaya bahwa kolesterol tinggi, pertanda tubuh sedang sakit. Tidak sedikit orang yang berupaya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan berbagai cara.

Ternyata tidak semua kolesterol berdampak buruk bagi tubuh, ada yang disebut kolesterol baik. Kolesterol dengan kadar yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kolesterol berfungsi untuk membentuk membran sel, membentuk hormon, memproduksi asam empedu, dan melancarkan metabolisme. Mengingat sangat penting peran kolesterol, kita di wajibkan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Tim rumah123.com telah merangkum informasi ramuan tumbuhan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Simak informasi berikut agar bisa kamu terapkan di rumah!

1.     Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan tanaman yang memiliki berbagai khasiat, selain sebagai bumbu masakan, jeruk nipis juga memiliki khasiat di bidang kesehatan salah satunya, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Zat limonin dalam jeruk nipis mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung flavonoid. Flavonoid bertugas untuk menghambat laju pertumbuhan produksi kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Kandungan lain yang juga sangat penting yaitu vitamin C. Jeruk nipis kaya akan vitamin C sehingga dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

2.     Serat Larut
Banyak orang beranggapan bahwa menurunkan kolesterol dapat melalui diet makanan rendah lemak. Namun, mengkonsumsi serat larut dapat menjadi solusinya. Serat laut mempunyai kandungan senyawa omega 3 yang tinggi. Bahkan, 1 lembar serat laut setara dengan 2 buah alpukat.

Senyawa omega 3 dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol yang baik dalam tubuh. Jika tubuh penuh dengan kolesterol baik, maka secara otomatis kadar kolesterol jahat (LDL) akan “di lawan” oleh kolesterol baik. Dengan mengkonsumsi serat secara teratur dengan porsi yang pas, selain menurunkan kolesterol juga mengurangi risiko penyakit jantung.

3.     Bawang Putih
Bawang putih sudah terbukti khasiatnya dalam dunia kesehatan salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa allicin. Selain itu, dalam satu buah bawang putih juga mengandung sifat antioksidan yang tinggi. Hal ini penting untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Bawang putih juga mampu mengurangi penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan aliran darah yang lancar, maka potensi gangguan kesehatan terkait kolesterol pun bisa diminimalisir. Bawang putih sangat baik dikonsumsi dalam bentuk mentah ataupun matang, bisa juga dicampurkan ke dalam menu masakan.

4.     Ragi Beras Merah
Ragi beras merah merupakan salah satu tanaman yang sangat dikenal oleh Tiongkok, baik pemanfaatannya dalam bidang masakan maupun kesehatan. Kandungan monacolin K pada ragi beras merah mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dikarenakan identik dengan lovastatin pada obat penurun kolesterol modern.

5.     Hawthorn
Hawthorn merupakan semak berduri yang sangat terkenal dalam dunia kesehatan dalam mengatasi masalah kolesterol tinggi. Hawthorn sangat cocok digunakan sebagai ramuan untuk menurunkan kadar kolesterol maupun penyakit jantung. Namun, penggunaan hawthorn perlu memperhatikan resep dokter dikarenakan tumbuhan ini dapat berinteraksi dengan beberapa obat.

Itulah beberapa tanaman yang dapat kamu jadikan sebagai alternatif obat untuk menurunkan kadar kolesterol di samping obat modern. Meskipun tanaman tersebut alami, namun kamu perlu memperhatikan resep dan himbauan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Pastikan tetap selalu menjaga bahan-bahan tersebut tetap higenis ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar