06 Maret 2020

Aplikasi SehatQ Dan Virus Corona : Penjelasan, Pencegahan Dan Deteksi Dini


Aplikasi SehatQ Dan Virus Corona : Penjelasan, Pencegahan Dan Deteksi Dini

Dalam hitungan dua dekade terakhir wabah penyakit yang menyerah telah memakan korban lebih dari 200.000 jiwa. Berbagai wabah penyakit seperti SARS, Influenza, MERS – Cov dan yang terbaru Corona virus Wuhan (Wuhan-nCoV). Wabah penyakit tersebut menyebar melalui udara, sehingga penyebarannya cukup cepat. Berikut ini adalah informasi dari SehatQ dan Virus Corona yang perlu Anda ketahui, agar Anda lebih siap melawan wabah penyakit Wuhan-nCoV.

Penyebab dan Sumber dari COVID 19
Penyebab wabah penyakit mematikan ini adalah virus corona yang menyebar melalui perantara udara. Virus ini merupakan virus yang juga menyebabkan SARS (2002 – 2004), MERS-COV (2012) dan Wuhan-nCoV (2019- 2020). Penyakit ini sebenarnya berasal dari replika dan mutasi virus yang ada pada tubuh hewan seperti babi, unggas, unta luwak dan kelelawar. Mutasi virus yang awalnya hanya terjadi antar hewan, menyebar ke manusia, yang kemudian menyebar antar manusia.

Informasi lebih lanjut dari aplikasi kesehatan sehatQ menjelaskan bahwa mutasi dan replikasi virus terjadi agar virus bertahan hidup. Namun sebaliknya, pembawa virus akan mengalami kerugian kesehatan. Selain itu informasi mengenai sehatQ dan virus Corona, tertuliskan bahwa kebiasaan memasak daging tidak matang sempurna membuat virus tidak bisa mati. Sehingga saat di makan virus pada daging tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan berkembang dengan cepat.  

Faktor Penyebab Tertular Wuhan-nCov
Selain karena adanya kebiasaan memakan daging yang kurang matang, para ahli juga menjelaskan bahwa salah satu penyebab adanya penyakit ini adalah buruknya kebersihan dan sanitasi lingkungan. Ditambah lagi dengan mobilitas masyarakat modern yang seakan tidak ada batasnya, menyebabkan tingkat penyebaran di seluruh dunia terjadi lebih cepat. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa penyebaran juga didukung oleh beberapa faktor penyebab lainnya.

Beberapa faktor yang meningkatkan seseorang terjangkit penyakit adalah adanya faktor kehamilan, usia tua, obesitas, kontak dengan binatang sakit atau mati. Kemudian faktor kebiasaan tidak menggunakan masker, jajan sembarngan, perokok aktif, riwayat bepergian dan adanya penyakit penyerta merupakan informasi yang diambil dari aplikasi sehatQ dan virus corona. Informasi tersebut sudah dikonfirmasi memiliki hubungan akan perkembangan penyakit dan menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit Wuhan - nCoV Dan Pencegahan Dini
Gejala penyakit yang menular melalui udara dihubungkan dengan adanya respons radang pada tubuh sebagai cara perlawanan tubuh terhadap virus yang menyerang. Gejala biasanya terjadi 5 – 14 setelah tubuh terjangkit oleh virus tersebut. Sering kali ditemukan gejala yang menyerupai sakit kepala, demam, batuk, badan terasa lemah dan gangguan kesadaran.  Dalam kurun waktu tersebut, perkembangan penyakit bisa memberat dengan perlahan ataupun cepat.  

Agar terhindar dari gejala dan virus tersebut, masyarakat disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih. Hal ini bisa dilakukan dengan langkah dasar seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kemudian, istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi seimbang. Menurut informasi dari sehatQ dan virus corona, alat, obat dan vaksinasi juga diperlukan. Beberapa alat seperti cairan antiseptik dan masker hidung adalah contoh alat pencegahan untuk masyarakat.

Demikian informasi mengenai Wuhan – nCoV yang disebut sebagai corona virus dan COVID 19. Seperti halnya wabah penyakit lain yang menyebar melalui udara, wabah penyakit ini menyebar dengan cukup cepat. Ditambah lagi dengan mobilitas masyarakat modern, penyebaran bisa terjadi di seluruh dunia. Gunakan masker dan cairan antiseptik untuk pencegahan, dan untuk informasi lebih lanjut dan terbaru, Anda bisa mengakses aplikasi sehatQ.    
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar