05 Maret 2021

Beragam Tipe Anti-lock Braking System pada Mobil

ABS Mobil


Anti-lock braking system (ABS) atau sistem rem anti terkunci adalah salah satu fitur keselamatan standar semua mobil Mitsubishi; termasuk mobil Pajero yang dapat dibeli dengan harga promo Pajero terbaru. Seperti namanya, fitur ini bekerja sebagai pelengkap metode pengereman mobil, yang dapat mencegah roda kendaraan terkunci ketika pengereman mendadak terjadi. ABS berfungsi untuk menjaga kontak traksi ban dengan permukaan jalan sekaligus memudahkan kontrol pengemudi terhadap gerak mobil.


Lantas, apa sajakah tipe-tipe dari anti-lock braking system pada mobil ini?


Dilansir dari Wikipedia dan laman How Stuff Works, tipe ABS secara umum terbagi dalam 5 kategori, yaitu:


1.       Four-channel, four-sensor.

Tipe pertama adalah ABS dengan 4 saluran dan 4 sensor. Menurut beberapa sumber, tipe ini adalah jenis yang terbaik. Pasalnya, katup independen (atau saluran) serta sensor kecepatan (yang akan menentukan kapan ABS bekerja) terpasang pada tiap roda mobil. Alhasil, gaya pengereman tipe ini sangat maksimum.


2.       Three-channel, four-sensor.

Tipe kedua adalah ABS dengan 3 saluran dan 4 sensor. Katup independen (atau saluran) ABS tipe ini hanya berjumlah tiga: dua buah untuk tiap-tiap ban depan, serta satu buah untuk dua ban belakang mobil. Sementara itu, sensor kecepatan terpasang pada masing-masing ban kendaraan. Tipe ABS ini umum digunakan oleh mobil-mobil keluaran lama atau mobil dengan font-engine (mesin depan).


3.       Three-channel, three-sensor.

Tipe selanjutnya adalah ABS dengan 3 saluran dan 3 sensor. Masing-masing tiga katup independen dan sensor kecepatan terletak pada roda depan (2 buah) serta roda belakang (1 buah). Dengan begitu, tipe ABS ini memberikan kontrol individual penuh pada roda depan kendaraan saja. Artinya, salah satu roda belakang kendaraan masih memiliki kemungkinan untuk terkunci ketika pengereman mendadak dilakukan pengemudi. Untuk itu, kontrol pengemudi kendaraan dengan tipe ABS ini punya andil cukup penting. Tipe ABS ini banyak digunakan pada truk pikap.


4.       Two-channel, four-sensor.

Tipe selanjutnya adalah ABS dengan 2 saluran dan 4 sensor. Tipe ABS ini memiliki dua katup kontrol di ban bagian depan dan belakang serta empat sensor kecepatan di tiap ban mobil. Karena umum digunakan pada mobil-mobil keluaran 1980-an hingga awal 1990-an, efektivitas tipe ABS ini tentu belum sebaik tipe-tipe terbaru, seperti yang dijelaskan pada poin-poin sebelumnya.


5.       One-channel, one sensor.

Tipe terakhir adalah ABS dengan 1 saluran dan 1 sensor. Katup independen serta sensor kecepatan tipe ABS ini terletak di poros belakang kendaraan, dan beroperasi seperti tipe ABS dengan 3 saluran. Sehingga, kontrol roda belakang ketika pengereman oleh pengemudi perlu sangat diperhatikan. Tipe ABS ini umum digunakan pada truk pikap, mobil SUV, maupun van.


Itu dia ulasan tentang ABS serta tipe-tipenya pada beberapa jenis kendaraan. Manakah tipe ABS yang dimiliki mobil Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar